Ciri-Ciri EMMC HP Android Lemah

Apa kalian tau apa itu IC EMMC ? ... IC EMMC adalah tempat penyimpanan file data android, bisa diartikan sebagai salah satu Otak Handphone Android, IC EMMC juga pasti akan dilengkapi dengan controller yang berfung sebagai pengatur serta mengelola dirinya sendiri, hal ini akan berbeda dengan IC Flash yang biasanya bersifat hanya digunakan untuk media penyimpanan saja.

Ciri-ciri EMMC HP Android Lemah


Selain pengertian di balik EMMC, ternyata terdapat kerusakan. IC EMMC pada smartphone android, baik itu Samsung, Xiaomi, Oppo, Andromax, Vivo, maupun android lainnya dapat dibedakan menjadi 3 level kerusakan. Untuk kerusakan level kedua munkin solusinya masih dengan flash ulang tanpa mengganti komponen EMMC nya. Kerusakan EMMC ini paling sering terjadi pada smartphone yang sering di flash, Wipe, dan sebagainya. Yang paling menonjol dari kerusakan EMMC Android pada saat ini adalah android yang dinyalakan hanya sampai tampilan logo (Stuck di Logo). Stuck di logo ini berbeda dengan bootloop, untuk yang bootloop tinggal anda flash ulang sudah bisa sembuh. sedangkan bootloop karena EMMC rusak akan terjadi error walaupun di flash terus-menerus.

Berikut saya klasifikasikan 3 Ciri-Ciri kerusakan EMMC :

1. EMMC Rusak Stadium 1 (Biasa)
Di Stadium 1 ini biasanya terjadi pada opreker yang kebanyakan melakukan gunta ganti Custom ROM. Biasa nya masuk recovery, masuk fastboot tetapi ketika melakukan Flash Rom sering muncul pesan berwarna merah. ini bisa diatasi dengan reboot. Berbeda dengan error recovery/error ROM. Pada kondisi ini biasanya recovery akan muncul pesan merah beberapa baris 3-4 yang bertuliskan Failed Can't Mount, Invalid Argument, dan sejenisnya.

2. EMMC rusak Stadium 2 (Sedang)
Solusi 2 ini menandakan EMMC Anda sudah sangat lemah yang artinya tidak lama lagi akan mati total (Matot). Biasanya tidak bisa masuk recovery, akan tetapi anda bisa masuk ke mode Fastboot. Berbeda dengan kasus tidak bisa masuk ke recovery akibat gagal/kesalahan flash. Pada keadaan ini meskipun HH anda dalam kondisi hidup bisa saja terjadi.

Solusi yang anda bisa atasi yaitu dengan melakukan flash rom dengan menggunakan PC/Laptop, dengan begitu kita membuat HH Bootloop ini adalah cara memancing recovery untuk muncul karena setelah flash rom maka otomatis system akan tertimpa rom baru sehingga system dapat memancing kembali ROM di SD Card dan melakukan Flash lewat SD Card. Bagaimana jika masih menggunakan Recovery bawaan dari HH ? ini jelas masalah, bagaimanapun caranya anda harus berjuang agar dapat masuk ke mode fastboot.

3. EMMC Rusak Stadium Akhir (Parah)
Di Stadium akhir ini anda harus merelakan/mengikhlaskan smartphone anda dibuang ke tempat sampah atau bisa dengan membeli EMMC yang baru meskipun secara harga saya lebih baik menyarankan beli HH baru.

Karena muncul banyak tulisan merah pada recovery, layar seperti TV Rusak tidak bisa masuk recovery maupun fastboot, ataupun bisa masuk recovery bisa masuk mode Download (EDL), di flash semua rom sukses akan tetapi tidak ada perubahan atau sama seperti sebelumnya. Atau smartphone masih bisa di pakai dan sukses install Aplikasi dan sebagainya namun setelah reboot appnya hilang atau kembali seperti semula.


Demikian penjelasan singkat mengenai Ciri-ciri EMMC HP Android Lemah yang bisa saya jabarkan.

G+

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.