Cara Tepat Perbaiki "Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti"


Pastinya diantara sobat semua ada yang pernah mengalami permasalahan di smartphone yang berhubungan dengan Google Play Store dengan notifikasi "Sayangnya Google Play Store Berhenti", eror tidak bisa untuk download, atau masalah koneksi tidak bisa terhubung. Sebenarnya ada beberapa solusi dan kami akan menjelaskannya di bawah.

Banyak hal yang mempengaruhi kenapa Google Play Store di ponsel pintar kalian bermasalah seperti yang sudah di sebuatkan di atas. Kesalahan setting pada Google Play Store adalah salah satu penyababnya.



Cara Tepat Perbaiki "Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti"


Periksa Pengaturan Tanggal dan Waktu
Google membutuhkan informasi tanggal dan waktu yang benar di Ponsel Pintar untuk mengakses Play Store. Jika tanggal dan waktu pada Ponsel Pintar kalian tidak benar, maka akan ada masalah pada Google Play Store. Akan mempersulit proses sinkronisasi dari server Google ke perangkat ponsel pintar kalian, sehingga Play Store sulit untuk diakses dan di gunakan.

Untuk memperbaiki waktu agar sesuai, tinggal masuk ke Setting di ponsel pintar kalian, cara pengaturan waktu dan tanggal. Ubah dan sesuaikan dengan waktu dan tanggal yang benar. Jika sudah mengatur waktu dan tanggal belum bisa mengatasi Google Play Store eror, masih ada beberapa cara lain di bawah.

Menghapus Cache di Aplikasi Google Playstore
Di beberapa ponsel pintar, Google Play Store akan berjalan normal lagi seperti biasa hanya dengan  menggunakan cara ini yaitu menghapus Cache. Cache adalah tempat penyimpanan data sementara sehingga dapat di akses tanpa memuat ulang. Hal ini dapat mengatasi masalah pada Google Play Store di ponsel pintar kalian.


Caranya cukup mundah untuk menghapus chache, masuk ke pengaturan, lalu cari dan tab di Apps atau di Manajer Apps tergantuk pada perangkat ponsel kalian. Gulir kebawah temukan aplikasi Google Play Store (nama aplikasinya kadang berbeda) tab aplikasinya lalu hapus cache. 


Setelah penghapusan cache telah selesai, kembali ke Google Play Store dan lihat apakah masalah pada aplikasi Google Play Store normal kembali. Jika masih tidak bekerja, kalian dapat mencoba salah satu opsi lain di bawah.

Membersihkan Data di Aplikasi Google Playstore

Menghapus data pada sebuah aplikasi sebenarnya ada sedikit kesamaan dengan poin no 2 di atas, tetapi penghapusan data ini akan menghapus permanen data di dalam aplikasinya. Penghapusan data ini akan membuat aplikasinya seperti baru di instal dan akan menghapus informasi akun kalian di aplikasi tersebut. Mungkin masalah pada Google Play Store dapat diatasi dengan cara ini.


Ingat, ketika kalian menghaapus data, yang ada didalam aplikasi seperti file, pengaturan, akun, database dan informasi lainnya akan terhapus. Kalian harus ingat informasi login akun kalian untuk masuk kembali nanti setelah data dihapus.


Untuk memulai penghapusan data pada aplikasi Google Play Store, masuk ke pengaturan dan temukan Apps atau Manajer Apps. Cari Aplikasinya lalu Hapus data.

Hapus Data dan Cache di Google Play Service
Ada kemungkinan masalah yangterjadi pada aplikasi Google Play Store bisa berasal dari masalah pada aplikasi turunannya yaitu Google Play Services. Aplikasi ini adalah aplikasi induk yang ada di ponsel android buatan google. Dengan adanya Google Play Services ini bisa menggunakan satu akun untuk semua aplikasi seperti Play Games, kalender dan aplikasi lainnya.


Lakukan Factory Data Reset Pada Ponsel Kalian
Jika semua cara diatas sudah dicoba dan tidak dapat mengatasi masalah pada Google Play Srore, kalian dapat menggunakan cara terahir yaitu factory data reset. Cara ini akan mengembalikan ponsel kalian seperti pertama memakainya setelah di beli. Factory data reset akan menghapus semua data pribadi dan aplikasi instalan yang di unduh di Play Store. Sebelum kalian melakukan proses factory data reset, alangkah baiknya harus melakukan backup file terlebih dahulu.

G+

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.