Apa Sih Bedanya Redmi Note 3 Mediatek dan Snapdragon

Banyak kawan menanyakan hal ini "apa sih bedanya Mediatek dan Snapdragon?", pernah mendapat kasus untuk flash ulang Smartphone Xiaomi Redmi Note 3 varian Snapdragon, dari sini saya akan mencoba mengulas perbedaan Redmi Note 3 Mediatek dan Redmi Note 3 Snapdragon. Disini kita juga akan mengetahui kelebihan dan kekurangan masing masing dan tak lupa harga dari Xiaomi Redmi Note 3 dan Redmi Note 3 Pro. Perlu kita ketahui, disini yang kita sebut Xiaomi Redmi Note 3 adalah Xiaomi versi Mediatek, sedangkan untuk Redmi Note 3 Pro adalah chipset versi Snapdragon.
Apa Sih Bedanya Redmi Note 3 Mediatek dan Snapdragon

Persamaan Xiaomi Redmi Note 3 Mediatek dan Redmi Note Pro Snapdragon
1. Dimensi & Design
Keduanya memiliki dimensi yang sama yakni bodi berkukuran 150 x 76 x 8.7 mm. Design khas Xiaomi tampak kental dengan balutan bahan yang terlihat berkualitas. Tidak hanya pada dimensi saja yang terlihat sama, untuk ukuran berat ponsel juga memiliki kesamaan yakni 164 gr.

2. Layar
Baik Xiaomi Redmi Note 3 Mediatek maupun Redmi Note 3 Snapdragon sama – sama memiliki ukuran layar 5.5 inch. Kualitas layar juga sama dengan resolusi full HD 1080 x 1920 pixels serta kerapatan warna yang menawan sebesar ~403 ppi pixel.

3. Platform android
Keduanya dibekali dengan OS android 5 Lollipop. Versi android Lollipop Note 3 Mediatek adalah versi 5.0.2 sedangkan versi Redmi Note 3 pro adalah 5.1.1. Tampilan interface dari kedua nya berbeda versi. Note 3 Pro telah dibekali dengan MIUI versi 8.0 sedangkan untuk Note 3 Mediatek masih MIUI 7.0.

4. Secondary kamera dan video
Persamaan lain dari kedua ponsel Xiaomi Redmi Note 3 tersebut adalah pada kekuatan lensa dibagian depan sebesar 5 MP. Kamera akan sama – sama menghasilkan kualitas video sampai 1080p@30fps.

5. Fitur lain
Fitur lain banyak memiliki kesamaan diantaranya adalah adanya port infrared, sektor konektivitas yang berupa Wifi dan hotspot, adanya radio FM dilengkapi dengan fitur recording, GPS, GLONASS, BDS dan fingerprint. Selain itu beberapa kesamaan seperti versi USB dengan microUSB v.2.0, USB OTG serta suppot fast battery charging dan tak lupa player yang tersemat di dalam OS Lollipop menambah kesamaan fitur dari kedua handphone Xiaomi tersebut.

Perbedaan Xiaomi Redmi Note 3 dan Redmi Note 3 Pro
1. Chipset
Untuk sektor yang satu ini sangat jelas, bahwa Xiaomi Redmo Note 3 biasa dibekali dengan chipset Mediatek MT6795 Helio X10 sedangkan Xiaomi Redmi Note 3 pro dibekali dengan Qualcomm MSM8956 Snapdragon 650.

2. Prosesor
Terdapat perbedaan pada mesin pacu, Redmi Note 3 biasa dibekali dengan prosesor Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 sedangkan Redmi Note 3 pro dibekali dengan prosesor Hexa-core dengan 4 inti berkecepatan 1.4 GHz Cortex-A53 dan 2×1.8 GHz Cortex-A72.

3. Memory
Keduanya memiliki perbedaan pada ruang penyimpanan. Untuk slot microSD pada Xiaomi Redmi Note 3 Pro support sampai kapasitas 256 GB, sedangkan untuk Xiaomi Redmi Note 3 Mediatek tidak dibekali dengan slot microSD.

4. Kamera utama
Sektor kamera utama atau kamera belakang Xiaomi Redmi Note 3 pro telah ditingkatkan. Versi Mediatek hanya memiliki kapasitas 13 MP sedangkan Note 3 pro telah ditingkatkan menjadi 16 MP. Meskipun keduanya memiliki perbedaan dalam kekuatan Mega Pixel kamera belakang, namun untuk fitur kamera kurang lebih sama seperti sama – sama memiliki dual flash LED kamera, touch focus dan lain – lain.

5. Perbedaan harga
Untuk harga tentu saja memiliki perbedaan. Xiaomi Redmi Note 3 biasa memiliki harga yang lebih murah daripada Xiaomi Redmi Note 3 Pro. Harga Redmi Note 3 Pro dibanderol pada kisaran 1,4 juta sampai dengan 2 juta, tergantung dari kapasitas memori. Sedangkan untuk Redmi Note 3 Pro dibanderol pada kisaran 1.8 juta sampai dengan 2,5 juta.

Untuk perbedaan lainnya tidak terlalu signifikan, seperti kapasitas baterai yang hanya berbeda pada angka 50 mAh saja. Oya, hampir lupa nih, untuk kecepatan akses internet, Redmi Note 3 Pro memiliki kecepatan download sampai 300 Mbps di jaringan 4G sedangkan Redmi Note 3 Mediatek hanya 150 Mbps. Note 3 Pro juga support video call via jaringan 4G karena telah dibekali teknologi Cat6 dimana Note 3 biasa tidak dibekali LTE-A Cat6.

Adakah perbedaan performa dari Xiaomi Redmi Note 3 dan Redmi Note 3 Pro?
Dari beberapa sumber yang melakukan pengujian Antutu Bencmark menyebutkan jika beberapa sektor seperti grafis dimana Xiaomi Redmi Note Pro yang telah dibekali dengan Adreno 510 lebih powerful daripada  Power VR milik Note 3 Mediatek saat menjalankan tes uji grafis 3D. Versi Note 3 Mediatek terlihat patah – patah saat pengujian grafis 3D sedangkan Adreno 510 mampu menjalankan visual 3D yang lebih stabil tanpa terlihat patah – patah.

Untuk performa prosesor, Xiaomi Redmi Note 3 Pro jelas lebih unggul karena kemampuan prosesor Hexa-Core dapat memberikan kecepatan dan performa yang lebih bertenaga, bahkan tidak kalah dengan prosesor berkecepatan 3.0 GHz.

Untuk sektor kamera, perbedaan kualitas foto Xiaomi Redmi Note 3 dan Redmi Note 3 Pro terlihat jelas. Kekuatan 16 Mp pada Redmi Note pro lebih unggul dalam mendapatkan kualitas foto yang lebih tajam (contrass). Berbeda dengan Xiaomi Redmi Note 3 biasa atau versi Mediatek yang cenderung menghasilkan gambar atau foto yang terlalu brightness atau lerlihat lebih putih (berbagai sumber).

Dari review perbedaan Xiaomi Redmi Note 3 dan Redmi Note 3 Pro diatas dapat kita ambil beberapa point dasar yakni perbedaan mendasar dari kedua smartphone tersebut terletak pada mesin pacu, sektor penyimpanan (slot microSD) dan kualitas kamera utama. Selain itu berbedaan harga juga terlihat jelas, meski hanya terpaut 50 sampai 300 ribu.

Untuk pilihan, tentu tergantung sobat semua. Namun kalau boleh berpendapat jika memiliki budget cukup maka disarankan untuk memilih Xiaomi Redmi Note 3 Pro dengan kapasitas memory 32 GB dan RAM 3 GB. Alasannya tentu sudah jelas, performa dan kenyamanan dalam menyimpan berbagai file di samping itu banyak Cusrom bersebaran di Forum maupun Blog yang mengulas tentang Cusrom Redmi Note 3 Pro ini. Nah demikian ulasan mengenai perbedaan xiaomi redmi note 3 dan redmi note 3 pro.

Semoga tulisan ini bermanfaat.

G+

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.